Rabu, 06 Agustus 2025

Beberapa Software Enterprise Resource Planning dengan Harga Mahal

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi jika software² supporting operasional perusahaan dijual dengan harga yang tidak murah alias mahal. 

Ditempat saya bekerja, sejak tahun 2017 mengalami 3 program atau software yang digunakan. Dua program sebelumnya itu program development lokal: Alpha dan GS. 

Kalau program Alpha saya tidak begitu mengikuti karena sewaktu 2017 saya baru bergabung, ketika itu program ini sedang akan ditinggalkan dan sedang peralihan ke program baru yaitu GS. Program ini dijalankan hingga tahun 2021-an #mungkin, saya juga lupa, lalu digantikan dengan program open source (ERP) dan digunakan sampai saat ini. 

Ilustrasi, gambar diambil dari Google

Program GS ini dulu didevelop oleh rekanan (baca: supplier IT), dengan sistem berlangganan, supporting dilakukan dengan pembayaran fee berlangganan tahunan gitu kalau saya salah ya 😏. Nominalnya cukup besar untuk kerjasama pengembangan program ini. Uniknya, program ini seperti hanya sewa saja, jadi tidak bisa sepenuhnya menjadi milik perusahaan. Jadi selama perusahaan membayar 'biaya langganan' mereka akan selalu support, jika tidak ya selesai kerjasama dan program ini akan jadi program bangkai, alias tidak berguna sama sekali, karena akses server berhenti dan data² sulit diakses. 

Ratusan juta sih untuk membuat program ini tetap bisa diakses, dengan prinsip ketergantungan. IT internal juga tidak ada akses terhadap program tersebut. Jadi mau gak mau ya dipaksa ketergantungan terhadap si empunya program. 

Ditambah lagi, dengan perkembangan kegiatan operasional yang meningkat, banyak kebutuhan² yang perlu disupport dalam waktu yang singkat, namun si penyedia program ini seperti slow respon, lagi² kepentok dengan fee jika perusahaan terus banyak minta ini itu. Intinya, apa² bayar, hal ini jelas kontraproduktif. 

Sampai akhirnya perusahaan mengenal program atau software manajemen yang open source dan biayanya jauh² lebih murah, kemudian development dari kebutuhan perusahaan bisa dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan, IT internal punya akses development program ini sesuai kebutuhan. 

Dengan ditemukannya program ini jelas membuang program² berbayar yang pelayanannya buruk seperti program yang perusahaan pakai sebelumnya. 

Nah dari cerita panjang lebar itu, saya ingin mengatakan, bahwa program² atau software Manajemen perusahaan itu harganya mahal dan belum tentu juga supportnya itu maksimal ditengah kebutuhan perusahaan yang terus dinamis. 

Berikut ini saya coba sarikan beberapa program software manajemen perusahaan yang harganya selangit, tapi banyak digunakan perusahaan² besar, apa saja, mari kita simak:

🗂 Program MASERP
Logo MASERP, gambar diambil dari Google

Estimasi yang beredar di Google, program ini dijual dengan harga 83 juta, dimana ini hanya akan sekali bayar, untuk mendapatkan semua fiturnya. Namun yang perlu diketahui nominal itu hanya untuk paket 5 user saja, sisanya kalau mau nambah ya per user 8 juta. 

Gimana harganya, murah gak tuh? Btw apa saja yang ditawarkan MASERP ini?

Yang ditawarkan dari program ini adalah kebutuhan terkait accounting, supplier, purchasing, customer, sales, inventory, manufacturing, fixed aset, project dan perpajakan. 

Program ini adalah buatan dari PT Mitra Andalan Sistem (PT MAS). Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta. Program ini dikembangkan sejak 1984. Merupakan perusahaan dan produk lokal Indonesia lho ini. 

Program buatan MAS ini memang menyasar usaha² menengah ke atas.


🗂 Program Odoo
Logo Odoo, gambar diambil dari Google

Ini juga salah¹ program serupa, dengan sistem open source, dimana tim IT internal perusahaan anda bisa mengcustom sesuai kebutuhan perusahaan. 

Beberapa kebutuhan perusahaan seperti akutansi, invoicing, purchase, inventory, manufacture, sales, HR dan kebutuhan operasional standar perusahaan ada di sini. 

Program ini tersedia dalam server lokal dan cloud, jika cloud akan ada biaya tambahan untuk server cloudnya ini. Kemudian apabila ada akuntan yang ditunjuk perusahaan, sebagai user maka akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahan lainnya yang dikenakan seperti konsultan, training, manajemen proyek, bantuan impor data, onsite consulting, penyesuaian (laporan dan alur kerja) serta developing.

Estimasi biaya yang diperlukan untuk program ini 25 juta per tahun atau 2 jutaan per bulan. Sedangkan biaya untuk server cloudnya 3,5 juta per bulan. 

Program ini berasal dari Belgia, pada awalnya dikenal sebagai TinyERP, kemudian berganti nama menjadi OpenERP dan akhirnya dikenal saat ini sebagai Odoo. Dibawah perusahaan yang bernama Odoo, S.A.


🗂 Program Accurate
Logo Accurate, gambar diambil dari Google

Program ini pasti gak asing bagi mayoritas orang, dimana² perusahaan menengah hingga besar pakai program ini. 

Bidang usaha yang sering menggunakannya adalah bidang usaha perdagangan, jasa, kontraktor hingga manufaktur. 

Fitur yang disediakan dalam program Accurate ini antara lain:
- Pembelian
- Penjualan
- Persediaan
- Perpajakan
- Rekonsiliasi bank
- Aktiva tetap
- Project
- Manufaktur

Program Accurate ini sifatnya adalah fixed, sesuai dengan yang ada dalam program ini, sehingga tidak memungkinkan customize sesuai kebutuhan penggunanya (perusahaan pemakai). Accurate ini juga terkoneksi dengan program mereka yang lain Rene POS (perangkat lunak (software) kasir yang dirancang untuk membantu usaha, terutama dalam mencatat penjualan dan memproses transaksi). 

Untuk harganya sendiri dibandrol 35 juta untuk akses 5 user saja, jika mau menambah user itu bayar lagi 3 juta per user. 

Bisa dihitung berapa biayanya jika dalam satu office ada beberapa karyawan yang menggunakan akun ini dalam proses aktivitas operasional perusahaannya. 


🗂 Program SAP
Logo SAP, gambar diambil dari Google

Selain program yang terkenal digunakan di banyak perusahaan di Indonesia, ada lagi program yang familiar, yaitu SAP. Berasal dari Jerman, dan sudah banyak digunakan perusahan² besar dunia. 

Ada dua program yang ditawarkan yaitu SAP All in One dan SAP Bussines One. 

SAP Bussines One ini dianggap lebih ekonomis dibandingkan SAP All in One. Tapi tetap saja jika tahu biayanya gak murah juga. Untuk paket SAP Bussines One ini dibandrol dengan harga 1milyar (termasuk biaya implementasi on site). 

Rincian yang biaya yang saya temukan di Google:
- Versi basic hanya 3 user (invetory, purchasing, sales) harganya 185 juta
- Paket lengkap 15 user total 1,74 milyar (820juta untuk lisensi dan 920juta untuk konsultasi dan implementasi) 
- Penambahan akun user 46juta per user
- Penambahan akun user limited 24juta per user
- Konsultasi per man days 3-6juta

Modul yang tersedia dari SAP Bussines One ini antara lain:
- Accounting
- Sales & Services
- Project & Source Management
- Inventory & Distribution
- Purchasing
- Production & MRP

Program ini memungkinkan untuk customize sesuai kebutuhan perusahaan. Tapi ada biaya tambahannya yang gak sedikit, bisa mencapai ratusan juta bahkan lebih. Program ini sepertinya direkomendasikan untuk perusahaan besar dan sangat besar, yang memang mapan secara finansial. 


🗂 Program ERP Ecount
Logo ERP Ecount, gambar diambil dari Google

Program ini dikembangkan oleh perusahaan Ecount asal Korea Selatan, dan produknya telah dipasarkan di luar negerinya sejak tahun 2012. Mereka sudah punya perwakilan di beberapa negara seperti di Amerika, China, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. 

Program ini jadi rekomendasi bagi perusahaan² yang baru memulai bisnis. Karena biayanya yang relatif murah, 700ribu /bulan untuk unlimited user. Dengan konsultasi free 2x 2 jam sesi secara online. 

Fitur² yang tersedia dalam program ini antara lain:
- Akutansi
- Keuangan
- Pembelian
- Inventory
- Manufaktur
- Penjualan
- HRD

Meski begitu, program ini belum bisa dicustomize, tapi masih memungkinkan customize jika penambahan kebutuhan ini juga dibutuhkan oleh pengguna lain (perusahaan), jika itu digunakan juga, maka tim dari ERP Ecount akan membuatkannya secara gratis. 

Untuk konsultasi terhadap program ini pengguna sangatlah terbatas, sehingga pemahaman dan pengembangan terhadap program yang digunakan. Sehingga IT internal pengguna mendapatkan panduannya melalui video dan buku panduan online. 


🗂 Program Oracle Netsuite
Logo Oracle Netsuite, gambar diambil dari Google

Program ini juga salah¹ dari program² yang umum digunakan perusahan² menengah hingga atas. 

Program ini awalnya adalah Netsuite berasal dari Amerika Serikat, pertama kali didirikan tahun 1998. Pada tahun 2016 diakuisisi Oracle Corporation. 

Program Netsuite ini punya beberapa fitur antara lain:
- Akuntansi
- Manajemen inventory
- Manajemen pesanan
- Manajemen pajak
- Payroll
- SDM
- Performance management
- Perencanaan permintaan
- Manufaktur
- Manajemen aset tetap

Untuk biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya lisensi tahunan, ada biaya implementasi satu kali agar software aktif dan bisa digunakan. Jadi subscribe lisensi tahunan belum cukup tanpa membayar biaya implementasi satu kali diawal. 

Biayanya untuk paket standard 15juta per bulan atau 180juta per tahun. Tambahan user 1,5juta per bulan per user atau 18juta per tahun per user.  Sedangkan untuk biaya implementasinya berkisar 3-6juta per man days, dan ada minimalnya yaitu 90 hari jadi tinggal dikalikan saja biaya minimalnya jadi berapa. Pastinya mahal sih ini, kesulitan bagi usaha² baru, akan besar pasak daripada tiang. 


🗂 Program HashMicro
Logo HasMicro, gambar diambil dari Google


Program ini dibuat oleh PT HashMicro Solusi Indonesia, berdomisili di Singapura. Perusahaan induknya HashMicro Pte., Ltd. berdiri tahun 2015.

Sama seperti program lainnya, HashMicro juga punya fitur² supporting dunia usaha, antara lain seperti:
- Manajemen keuangan
- Manajemen inventaris
- Human resources
- Customer relationship manajemen
- Manajemen proyek

Terkait harga program ini bervariasi tergantungan kebutuhan dari penggunannya, dalam hal ini perusahaan. Harga bisa dimulai dari 15juta untuk program retail, untuk yang paket lengkapnya bisa mencapai ratusan juta. Jadi semakin banyak modul yang diperlukan maka makin mahal harganya. Harga per modul itu 150juta dengan sistem on-premise (software diinstal di server perusahaan).



🗂 Program ERP Impact
Program ERP Impact ini dibuat di Indonesia, oleh PT Impact Teknologi Indonesia. Program ini dibuat menyasar usaha kecil menengah. 

Fitur yang tersedia diprogram ini antara lain:
- Akutansi
- Manajemen inventaris
- Penjualan
- Sumber daya manusia
- Manufaktur
- Human capital management
- CRM
- Point of sale (mengelola transaksi penjualan toko fisik) 
- Omnichannel (mengintegrasikan berbagai saluran penjualan online dan offiline) 

Program ini mencoba menjawab tantangan jaman, dimana saat ini transaksi terhubung dengan platform e-commerce. Bahkan untuk ekspedisi pun dibuat terhubung. Termasuk mengakomodir pembayaran via e-wallet. 

Untuk harga paket starter program ini dikisaran 99juta dengan 4 modul dasar, 10 user, dukungan konsultasi selama sebulan. Katanya ini rekomendasi untuk usaha kecil. 

Untuk harga paket pro, ada dikisaran 399juta, dengan tambahan modul lebih banyak dari paket standar, untuk 50 user, dan implementasi konsultasi selama 3 bulan. 


🗂 Program ERP Next
Logo ERP Next, gambar diambil dari Google

Program ini bersifat open source. Sering direkomendasikan digunakan oleh usaha kecil, bisnis yang baru merintis. Internal IT diberikan kebebasan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnisnya. 

Fitur² yang terdapat dalam ERP Next ini antara lain:
- Akutansi
- HR
- Management inventory
- Project
- Penjualan
- Pembelian
- Manufaktur
- Customer management relationship
- Website
- Koneksi ke e-commerce

Program ini berada si server cloud, sehingga bisa akses dimana pun berada, dengan jaringan internet yang tersedia. 

Terkait soal biayanya, program ini dibandrol relatif murah dan memang lebih rekomendasi digunakan oleh perintis usaha baru. Untuk paket Small Bussines (50 user) mulai dari 775ribu per bulan.  Sedangkan untuk kebutuhan customize bisa dikomunikasikan dengan developer program.


🗂 Program Microsoft Dynamics 365
Tak mau kalah, Microsoft pun menawarkan program operasional manajemennya sendiri yang bisa dipakai dunia bisnis. 

Fitur yang ditawarkan program ini antara lain:
- Manajemen keuangan
- Manajemen supply chain
- Human resource
- Analitik dan laporan
- Integrasi dengan Office 365

Soal biaya yang harus dikeluarkan bergantung pada modul yang dibutuhkan dan lisensi yang dipilih. Kisaran harga $5000 sampai dengan $10000 /tahun. Untuk biaya implementasi dan konsultasi ada dikisaran $15000.

Melihat biaya ini, rasanya untuk usaha kecil berat sekali, walaupun dibayar per tahun. Apalagi jika ada kenaikan dollar ketika rupiah harus tertekan. 


🗂 Program ERP Epicor
Logo ERP Epicor, gambar diambil dari Google

Program ini dirancang khusus untuk manufaktur dan distribusi, tapi tidak menutup kemungkinan industri ritel dan jasa. Program ini merupakan buatan pengembang perangkat lunak asal Austin, Texas, Amerika Serikat. Dibawah naungan perusahaan bernama Epicor, yang berdiri pada tahun 1972.

Di Indonesia, Epicor bekerja sama dengan perusahaan asal Indonesia bernama Prismatech, berkolaborasi menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan bisnis di Indonesia. 

Fitur² yang ditawarkan ERP by Epicor ini antara lain:
- Management produksi 
- Management supply chain
- Human resources
- Manajemen proyek

Untuk soal biaya yang diperlukan untuk menikmati program bisnis ini, untuk paket dasar saja mulai dari 100juta per tahun. 



🗂 Program Infor ERP
Logo Infor ERP, gambar diambil dari Google

Perusahan pengembang Infor ERP ini mulai eksis sejak tahun 2002, yang berpusat di New York, Amerika Serikat. 

Fitur² yang disediakan dari Infor ERP ini antara lain:
- Manajemen keuangan
- Manajemen produksi
- Manajemen inventaris
- Human resources
- Analitik dan laporan

Harga yang ditawarkan untuk bisa menggunakan program ini tentunya dipengaruhi modul apa yang dipilih sesuai kebutuhan, semakin banyak modul yang digunakan tentunya harganya makin mahal. Paket dasarnya untuk program ini berkisar 75juta per tahun. 


Itulah dia beragam program yang bisa dipilih dan jadi opsi untuk mendukung proses operasional bisnis atau usaha anda, entah yang baru merintis atau yang mau meningkatkan advance dalam berbisnis agar lebih profesional. 

Sebenarnya masih banyak lagi sih program sejenis yang ada di luaran sana, yang dipakai banyak usaha beragam sektor. Tidak semua bisa saya bagikan di sini, karena keterbatasan informasi. Setidaknya apa yang ada di atas bisa jadi gambaran mengenai program supporting dunia usaha. 

Besarnya biaya program tergantung dari modul atau fitur² yang dibutuhkan dalam operasional perusahaan anda, jika semakin banyak dan kompleks maka harganya akan semakin mahal. Bisa dilihat paket standar yang ditawarkan saja harganya sudah luar biasa, walau ada juga yang menawarkan harga ekonomis. Tapi jika semakin kompleks usaha atau bisnis anda, terutama manufaktur pastinya butuh modul dan fitur yang kompleks pula dan itu pasti harganya tidaklah murah. 

Perusahaan² besar jelas sudah menggunakan salah¹ dari program² tersebut diatas. Bagaimana dengan perusahaan anda? 

Harapannya apa yang disebutkan di atas bisa jadi gambaran dalam memilih program manajemen support yang sesuai harapan dan kriteria, mungkin ada kendala budget atau hal lain, gambaran di atas bisa jadi referensi. ketika memilih suatu program apakah biaya implementasinya itu make sense, apa iya tiap bulan kita dirong-rong dengan biaya terus-menerus? Jika mau konsultasi saja biayanya segitu besar, kalau mau nambah user juga biaya per usernya lumayan mahal, sedangkan baru memulai bisnis.

Jika bisnis anda baru mulai merintis, baru memulai atau skalanya masih kecil, kami punya solusi atas kebutuhan anda tersebut. Untuk lebih jelasnya, hubungi contact admin blog ini, tim kami akan membantu masalah dan mencarikan solusi sistem operasional bisnis anda dengan biaya yang bersahabat. -cpr


#onedayonepost
#programerp
#merintisbisnis
#startfromzero
#gotohero
#erp
#informasi
Latest
Next Post

http://bit.ly/cocoper6

0 comments: